You need to enable javaScript to run this app.

Kegiatan Festival Durian 2022

  • Kamis, 13 Oktober 2022
  • Administrator
  • 0 komentar
Kegiatan Festival Durian 2022

Tanggal 24 - 29 September 2022, di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara yang didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat melaksanakan Festival Durian yang ke 2.

 

Festival ini diisi dengan rangkaian kegiatan, diantaranya Lomba cita rasa durian, pameran berbagai menu olahan dari durian, camping ground, arung jeram di kampung durian, kontes durian terbaik.

 

Festival dengan total hadiah Rp 20,5 Juta ini, direncanakan dibuka secara resmi oleh Bupati Solok Selatan H.Khairunas pada Minggu pagi (25/9/2022), yang dimulai malam minggu dengan melakukan “Maambang/Manungguan durian jatuh”, sedangkan penutupannya dilaksanakan pada tanggal 29 September 2022 resmi ditutup oleh wakil Gubernur  Sumatera Barat, Audy Joinaldy.

 

Bupati Solok Selatan H Khairunas mengatakan festival durian yang telah dilaksanakan selama enam hari, merupakan sarana kolaborasi antara hiburan, edukasi, wisata dan peningkatan pekonomian masyarakat. Penyelenggaraan kegiatan ini juga dapat menyatukan komunitas masyarakat pecinta durian.

 

 

Melalui festival, masyarakat juga dapat mengenal berbagai jenis durian, jenis makanan berbahan baku durian serta sebagai ajang promosi durian agar lebih dikenal oleh masyarakat luar Solsel.

 

‘’Festival ini diadakan salah satu upaya untuk menjual komoditi durian dengan harga lebih baik. Selain itu mendorong masyarakat berinovasi hasil olahan durian seperti dodol durian, donat durian, roti durian dan asam durian/tempoyak’’, ucap Khairunas.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda sangat mendukung segala kegiatan pariwisata di Solok Selatan.

‘’Kegiatan ini bisa berlanjut tidak terlepas dari dukungan DPRD, kami selaku bagian pemerintah, terus mensupport kegiatan-kagian positif, terutama terkait festival durian, yang akan mengangkat daya jual durian’’, ungkap Zigo.

 

Penutupan festival juga akhiri dengan pembangian empat ribu porsi ketan durian, dua gunungan durian kepada masyarakat. Jangka Panjang sebagai upaya ebih mengembangkan durian dimasa mendatang, pemerintah kabupaten juga membagikan seratus bibit durian.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

PAMIL RUSKAMDANI, MPd

- Kepala Dinas -

  Selamat datang di Website Dinas Pariwisata dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner