You need to enable javaScript to run this app.

Lomba Mural dan Festival Sumarak Nagari Perempuan.

  • Senin, 12 Desember 2022
  • Administrator
  • 0 komentar
Lomba Mural dan Festival Sumarak Nagari Perempuan.


Dalam rangka memeriahkan Hutkab yang ke 19 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lomba Mural dan Festival Sumarak Nagari Perempuan, Kegiatan yang diawali dengan pertunjukan karya inovasi “Perempuan dan Rumah Gadang” pada sabtu malam 10 Desember 2022. Kegiatan ini diadakan di kawasan Saribu Rumah Gadang kecamatan Sungai Pagu.


H. Khairunas selaku Bupati Solok Selatan menyampaikan dalam pembukaan acara Festival Sumarak Nagari Perempuan, pemerintah terus mendukung dalam pelestarian nilai budaya daerah, tidak hanya pemerintah tetapi masyarakat juga harus menjaga dan melestarikannya agar tidak “lakang dek paneh , indak lapuak dek hujan”


Turut hadir pada acara tersebut UPT Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPND) Sumatera Barat, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Direktur Festival Sumarak Nagari Perempuan Dr Susasrita Loraviati, MSn menyatakan kegiatan ini merupakan penggabungan dari unsur papan dan perempuan sehingga tercipta sebagai rekontruksi budaya perempuan di Saribu Rymah Gadang.



Pada esok harinya 11 Desember 2022, dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan Lomba Mural di sepanjang aliran Batang Bangko Menara Songket yang diawal Car Free Day dari RTH Muaralabuh.
Kawasan Saribu Rumah Gadang merupakan satu diantara dua destinasi pariwisata unggulan kabupaten Solok Selatan.



Pada pembukaan Mural Bupati Solok Selatan H. Khairunas menyampaikan, kegiatan ini dapat mengembangkan bakat seni masyarakat, sehingga nantinya dapat menghasilkan karya yang bagus dan sekaligus menjadi wahana promosi pariwisata, dan untuk tahun 2023 akan dilakukan penataan yang lebih baik lagi.



Selain Lomba Mural di sepanjang aliran batang Bangko, juga diadakan pertunjukan grup kesenian dari grup yang ada di kabupaten Solok Selatan. (DISPARBUD)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

PAMIL RUSKAMDANI, MPd

- Kepala Dinas -

  Selamat datang di Website Dinas Pariwisata dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner